Katrol


Katrol adalah roda yang dapat berputar pada suatu sumbu pinggirnya beralur untuk tempat menyangkut tali.Dengan tali melalui pinggir katrol ini, sebuah benda dapat ditarik. Selain itu, dengan katrol arah suatu gaya dapat diubah dan digunakan untuk mengangkat suatu beban. Katrol dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan seseorang.Katrol digunakan untuk mengambil air atau mengangkat beban yang berat.Katrol merupakan pesawat sederhana yang dapat memudahkan melakukan usaha.  Dengan kata lain, Katrol berfungsi untuk membelokkan gaya sehingga berat beban tetap sama dengan gaya kuasanya tetapi dapat dilakukan dengan mudah. Katrol dapat dibedakan menjadi tiga jenis.

1. Katrol tunggal statis/Katrol tunggal tetap

Salah satu kegunaan dari katrol ini adalah memudahkan untuk mengangkat beban karena gaya yang dilakukan oleh seseorang searah dengan gaya gravitasi. Katrol tunggal tetap, artinya katrol hanya berotasi saja dimana posisinya tetap.Katrol tetap digunakan untuk menimba air. Misalnya, sebuah katrol beradius R dengan beban sebesar  w.
Bagian-bagian katrol tetap diperlihatkan pada gambar berikut:

Jika w > F, maka orang yang melakukan gaya (anggap saja manusia) maka orang yang melakukan gaya akan ikut tertarik keatas. Sedangkan apabila F < w, maka benda akan tertarik keatas. Adapun keuntungan mekanik dari katrol adalah:


b.   Katrol tunggal bergerak

Katrol tunggal bergerak, artinya katrol bertranslasi dimana posisinya berpindah. Prinsip katrol tunggal bergerak, yaitu titik beban berada di antara titik tumpu dan titik kuasa. Yang menyebabkan rotasi yaitu:
Keuntungan mekanik:



c. Sistem katrol atau katrol berganda

Katrol berganda adalah penggabungan beberapa katrol, sehingga mempunyai keuntungan mekanik yang berlipat ganda dan kerja yang dilakukan semakin mudah. Keuntungan Mekanik (KM) katrol ganda adalah sama dengan banyaknya katrol yang tersusun pada sistem katrol atau dapat juga ditentukan dari banyaknya tali katrol yang digunakan untuk mengangkat beban. Sebagai contoh Jika katrol menggunakan tali yang menahan beban berjumlah 6, maka keuntungan mekaniknya adalah 6 kali.


Pada gambar diatas, keuntungan mekanik (Km= 2).  










Tidak ada komentar:

Posting Komentar